Daftar Isi [Tampil]
[Prof Share] - Dunia science memang selalu menarik untuk di bahas sebab para ilmuan selalu saja menghasilkan penemuannya yang luarbiasa bahkan tak terpikirkan sebelumnya. Salah satu penemuan uniknya adalah dengan mengawin-silangkan hewan hibrida lain jenis.

Definisi hewan hybrid sendiri adalah hasil perkawinan silang antara dua hewan dari spesies yang berbeda namun masih dalam golongan satu genus.

Tidak hanya satu, dari percobaan hasil kawin silang hewan tersebut mereka sukses menghasilkan banyak sekali hewan spesies terbaru .

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa hewan hasil kawin dengan lain jenis.

Perkawinan Silang Hewan Hibrida Langka Di Dunia

Berikut ulasan persilangan hewan hibrida yang menghasilkan keturunan langka & menakjubkan di dunia

1. Savannah


Savannah atau lebih lengkapnya disebut Savannah Cats, merupakan persilangan cantik dari perkawinan antara kucing yang berasal dari Georgia dengan kucing Afrika (biasa disebut Serval).

Bahkan Savannah ini telah dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai ras kucing terpanjang di dunia, dengan panjang 17,1 inci (44 cm). Pada pertengahan 1980-an, para sejarawan meyakini bahwa kucing mulai menjadi perhatian sangat istimewa di Pennsylvania. 

Pada tahun 1996, maka dibentuklah sebuah Asosiasi Kucing Internasional untuk mengenali berbagai jenis kucing di seluruh dunia.

Dilansir dari wikipedia.org tertulis bahwa Savannah adalah kucing terpopuler di Amerika Serikat. Ditaksir harganya bisa mencapai sekitar $4.000-$35.000 (sekitar 126-343 juta rupiah).

Baca Juga:

2. Liger


Liger (lion dan tiger), jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bisa disebut sebagai Simau (singa dan harimau) merupakan hasil perkawinan silang antara seekor singa jantan dan seekor harimau betina. 

Orang tua Liger sendiri adalah seekor Panthera yang berasal dari spesies berbeda tetapi mereka 1 gen. Liger biasanya tumbuh lebih besar daripada induknya, tidak seperti tigon yang cenderung seperti harimau betina.

Kucing besar ini digolongkan sebagai kucing terbesar di dunia, sangat menyukai berenang dan memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat tinggi dalam bersosial.

3. Zebroid



Zebroid adalah hasil perkawinan silang antara keledai jantan dengan zebra betina. Pesilangan hewan ini sebenarnya telah dilakukan pada awal abad-19.

Akan tetapi tidak semua keturunan perkawinan silang ini tercapai secara sempurna, hanya ada beberapa anak yang memiliki bentuk seperti keledai dengan garis – garis di tubuhnya.

Zebroid memiliki fisik seperti keledai, namun memiliki garis putih seperti zebra. Garis-garis umumnya tidak menutupi seluruh tubuh, ada kemungkinan terbatas pada kaki, hanya menyebar ke bagian tubuh atau leher.

4. Leopon


Leopon merupakan hasil perkawinan antara macan tutul jantan dengan singa betina. Tampak hasil dari kepala hewan tersebut mirip dengan singa sedangkan dari badan terlihat mirip dengan macan tutul. 

Program penangkaran ini merupakan proyek yang paling sukses di Koshien Hanshin Park di Nishinomiya City, Jepang. Pada tahun 1959 dua Leopon berhasil dibesarkan dan tiga Leopon lainnya pada tahun 1962. Ukuran Leopon lebih besar dari macan tutul, memiliki hobi mendaki dan suka bermain air.

5. Grizzly Polar



Grizzly - Polar (Grolar beruang) adalah hasil hibrida kombinasi dari beruang berkulit abu-abu dengan beruang asal kutub.

Walaupun dua beruang secara genetik memiliki kesamaan, mereka cenderung menghindari satu sama lain di alam liar. 

Grizzly menyukai daerah hutan sebagai habitat alaminya dan darat dijadikan tempat untuk berkembang biak, sedangkan beruang kutub merupakan hewan alami yang tinggal di kutub es.

6. Cama


Cama adalah keturunan hasil hibrida kawin silang antara unta arab jantan dan llama betina, melalui proses inseminasi buatan di Pusat Reproduksi Unta, Dubai.

Hasil persilangan itupun kemudian membuahkan hasil, seekor Cama pertama lahir pada tanggal 14 Januari 1998. Seekor Cama memiliki fisik menonjol dengan telinga pendek dan ekor panjang tetapi tidak memiliki punuk.

7. Beefalo


Beefalo merupakan ternak eksperimental hasil kawin Silang hewan hibrida antara sapi Australia dengan kerbau (bison) Amerika.

Di Queensland Utara tepatnya di peternakan Proserpine, Christina della Valle, ada seorang peternak Beefalo yang telah merawat ternak jenis ini selama 15 tahun. Beefalo merupakan produk gagal dari eksperimen pengembangbiakan yang dilakukan para peternak di awal 1990-an.

Mereka merusak situs bersejarah, menyerang habitat bagi para burung hantu berbintik dan memusnahkan padang rumput karena gemar mandi debu.

Saat ini mereka tinggal di alam bebas yang ditujukan untuk satwa liar di mana pemburu dengan izin khusus diperkenankan untuk menembak 65 ekor hewan per tahunnya.

8. Toast of Botswana


Toast of Botswana merupakan hasil kawin persilangan seekor kambing betina dengan seekor domba jantan secara alamiah.

Dengan ciri khas memiliki mantel berbulu kasar pada lapisan luarnya, kaki panjang  seperti kambing dan tubuh yang meyerupai domba. Memiliki libido yang sangat besar, sehingga nafsunya sangat besar dalam mengawini betina. 

Sebelumnya kejadian tersebut telah dilaporkan oleh seorang dokter hewan dari Botswana pada tahun 2000, lalu mereka menyebut hewan hibrida itu dengan nama Toast of Botswana.

9. Hybrid Pheasant



Hybrid Pheasant adalah hasil persilangan hibrida yang dilakukan oleh para saintis dari jenis burung Pegar Emas jantan dan  ayam hutan Amherst betina. 

Sehingga keturunan yang tercipta pun sangat menjanjikan, Hybrid Pheasant menjadikan burung yang satu ini paling fenomenal di abad ini karena bentuknya yang sangat anggun dan indah dengan warna-warna istimewa bawaan dari kedua orangtuanya.

10. Wholphin / Wolphin


Wholphin adalah salah satu kekayaan yang ada di alam bawah laut, mereka merupakan hasil kawin silang antara lumba - lumba hidung botol betina dengan paus pembunuh / orca jantan.

Saat ini wholphin banyak terdapat di alam liar karena telah berbaur sehingga dapat melakukan proses pembuahan dan berkembang biak secara alami. 

Wholphin kini hidup di Sea Life Park, Hawaii. Wholphin memiliki ukuran yang sama seperti orang tua mereka, namun jumlah gigi yang mereka miliki tidak sama.

Jumlah gigi pada lumba-lumba kepala botol memiliki 88 gigi, sedangkan ikan paus memiliki 44 gigi, sementara Wholphin sendiri memiliki 66 gigi.

11. Wolfdog


Wolfdog (wolf–dog hybrid atau wolf hybrid) adalah keturunan yang dihasilkan dari hibridisasi anjing domestik dengan srigala (gray, eastern timber, red, dan serigala Ethiopia).

Wolfdog memiliki sifat yang lebih condong ke serigala, namun bisa sangat dekat dengan manusia layaknya anjing peliharaan di rumah. 

Hewan jenis ini telah dibesarkan sejak pertengahan abad ke-20, anak - anak anjing pertama Wolfdog diterima oleh Klub Peternak pada tahun 1982, lahir di Brno, Republik Ceko.

12. Iron Age Pig



Iron Age Pig adalah hewan hibrida untuk menghasilkan spesies baru antara babi hutan dan babi peliharaan. Dimaksudkan untuk menciptakan jenis babi sebagai  karya seni prasejarah pada Zaman Besi di Eropa kuno. 

Proyek ini dimulai pada awal 1980-an dengan cara mengawinkan babi hutan jantan dengan babi Tamworth untuk menghasilkan hewan yang terlihat seperti babi dari masa lalu.

Iron Age Pig pada umumnya hanya dibesarkan di Eropa untuk keperluan pasar daging, sifat dari babi ini sangatlah agresif dan lebih sulit untuk penanganannya dibanding dengan babi domestik murni.

13. Dzo


Dzo atau sebutan lainnya Yakow merupakan hasil persilangan antara seekor yak dengan sapi domestik. Memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari orangtuanya dengan tingkat produk susu yang lebih banyak dan daging yang jauh lebih produktif. Bobot Dzo 25 - 30% lebih berat & daging mereka dianggap jauh lebih enak dibanding kedua induknya.

Spesies baru ini diciptakan di Tibet dan Mongolia untuk kebutuhan ternak pekerja, karena tenaganya yang super power sehingga sangat membantu.

14. Hinny


Hinny adalah hasil persilangan antara kuda jantan dan keledai betina. Memiliki ciri khas badan kecil sehingga ia tidak bisa menjadi hewan pengangkut.

Biasanya, hinny hanya dirawat dan dijadikan binatang peliharaan. Muka hinny sangat mirip ibunya.

15. Baghal




Baghal (Mule) adalah hasil perkawinan silang hewan hibrida beda jenis paling langka lainnya antara kuda betina dengan keledai jantan, keturunan ini masih ada hubungannya dengan Hinny.

Akan tetapi Baghal mempunyai badan yang besar, wajah yang mirip keledai, kepala pendek, telinga dan rambut yang panjang.

Kakinya yang kuat dan tangguh sehingga dapat digunakan sebagai hewan pengangkut, namun tidak mampu berlari secepat kuda.

Post a Comment

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Terima Kasih Telah Mengunjungi Blogspot Prof Share. Jangan Lupa Untuk Meninggalkan Komentarnya. Berkomentarlah Secara Santun & Bijak.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Komentar Yang Bersifat Kasar, Rasis Atau Negatif Tidak Akan DiPublikasikan.
Terima Kasih Untuk Tidak Meninggalkan Link Yang Aktif.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Komentar Akan DiPublikasikan Setelah Moderasi Terlebih Dahulu.
Mohon Maaf Untuk Komentar Yang Tidak Terpublikasikan.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Back to Top