Daftar Isi [Tampil]
[Prof Share] - Mesin Pencarian atau Search Engine merupakan tool yang banyak digunakan para pengguna internet untuk mencari sebuah keyword yang relevan dan banyak dicari. Search Engine banyak memberikan fungsi yang bermanfaat ketika seorang pengguna ingin menemukan suatu informasi, berita, tip, trik & tutorial. Tidak hanya itu, Search Engine pun merupakan wadah promosi bisnis paling menjanjikan & memberikan persentase besar bagi sebuah perusahaan dagang untuk memperkenalkan kepada para calon konsumen. 

Bagi para pemilik blogspot, Search Engine merupakan modal utama sebagai Cara Jitu Meningkatkan Pengunjung Website Dengan Cepat. Tentunya tidak mudah sebuah blogspot supaya bisa terindex di Search Engine, harus melalui persaingan yang sangat ketat & judul postingan yang dibuat harus banyak diincar serta memiliki keunikan tersendiri, misalnya blogspot dengan judul rahasia cara daftar Google Adsense agar mudah diterima..P

ostingan ini tentunya banyak dicari orang karena Google Adsense merupakan modal para blogger untuk mengumpulkan pundi - pundi dollar sebagai aset meraih kekayaan. Adapun untuk mendapatkan sebuah data informasi yang tepat, lengkap dan terpercaya maka diperlukan tool Search Engine yang benar - benar sudah terkenal, berikut tujuh Search Engine Terbaik dalam Pencarian Keyword di Dunia.

Search Engine Raksasa Terbesar di Dunia

1. Google Search Engine

Google, Mesin Search Engine Web ini patut menjadi mesin pencarian no. 1 dunia saat ini. Search Engine keluaran Google Inc dirancang untuk melakukan pencarian berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group yang terkoneksi dalam sebuah jaringan internet. Seperti yang dikutip dari Wikipedia Indonesia, Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford.

Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang" dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil". Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California. Google menyediakan fitur gratis bagi penggunanya mulai dari Email, Blogspot, Keyword Planner, Webmaster Tool Google, Google Translate dsb.

2. Bing Search Engine

Bing merupakan Search Engine Web terbaik berikutnya setelah Google yang bernaung di bawah perusahaan raksasa Microsoft. Mesin Pencarian tersebut adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencarinya yang terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Bing diklaim menggunakan suatu teknologi bernama PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008.

Fungsi Powerset sendiri menjadikan Search Engine yang satu ini lebih akurat dalam pencarian sebuah data informasi. Bing mengelompokkan pencariannya berdasarkan empat kategori utama diantaranya Web (khusus pencarian halaman situs / website), Images (khusus untuk pencarian gambar), News (khusus untuk pencarian peristiwa penting) dan xRank (khusus untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna). Seperti halnya Google, Microsoft menyediakan fitur gratis pula seperti Email, Webmaster Tool Bing, Bing Translator, Bing Keyword Research dll.

3. Yahoo! Search Engine

Yahoo! adalah bagian Search Engine Web terbesar keluaran Yahoo! Inc di Amerika Serikat lainnya yang patut diwaspadai sebagai saingan terberat Goolge. Seperti yang dikutip oleh Wikipedia indonesia, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa. 

Untuk pengumpulan informasi dan tindakan penggunaannya, Yahoo! telah mengintegrasikan pencarian dan layanannya tersebut dengan Bing, Microsoft. Integrasi pencarian sendiri meliputi alamat IP, informasi anonim dari browser web (seperti tanda pengenal unik untuk browser web dan data anonim lainnya (seperti data demografik, termasuk jenis kelamin dan usia dalam rentang seluruh tahun), (sumber : Info Yahoo).

4. Ask Search Engine

Ask adalah Search Engine berikutnya yang tidak kalah populer dengan Google, Yahoo atau Bing. Pada awalnya Ask memiliki nama panjang Ask Jeeves yang artinya jawaban atas pertanyaan yang diajukan. Jika anda mengetik dengan keyword "ASK" di Google maka akan muncul Ask.com dengan tagline What's Your Question?. Search Engine yang berkantor pusat di Oakland, California ini telah membuang kata Jeeves pada tahun 2005 dan mengubahnya dengan nama resmi Ask pada tanggal 27 Februari 2006.

Dalam kutipannya, Sidomi menyebutkan "Hasil pencarian Ask cukup baik dan relevan, namun harus diakui masih kalah relevan dan kalah secara fitur dari raksasa mesin pencari Google. Meski demikian, mesin pencari Ask tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut sumber dari majalah Chip, Ask memiliki keunggulan dalam pencarian video. Tampilan hasil pencarian hampir sama dengan mesin pencari lain dengan munculnya kategori jenis hasil pencarian seperti Image, News atau Video".

5. AOL Search Engine

AOL Search adalah Search Engine keluaran perusahaan AOL Inc yang sebelumnya bernama America Online, Inc ini lumayan cukup terkenal. Sayangnya tak cukup banyak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan mesin pencarian AOL ini. Namun menurut sebagian sumber menyebutkan bahwa sebelum kemunculan Google, AOL pernah menjadi situs web paling popular di Internet mengalahkan Yahoo! karena layanan email yang disediakannya.

Saat ini AOL melayani banyak perusahaan dengan jasa layanan Internet di berbagai negara di dunia, sehingga menjadikan AOL sebagai ISP bersifat Internasional dengan jumlah pelanggan mencapai 30 juta pengguna. Dalam perkembangannya hingga sekarang (tahun 2015),  mesin pencarian AOL dibantu oleh Google Search Engine sehingga ketika sebuah alamat blog / web di daftarkan ke webmaster tool Google maka secara otomatis akan terindex ke direktori AOL. 

6. Yandex Search Engine

Yandex adalah sebuah perusahaan internet Rusia yang mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan pangsa pasar sekitar 60%. Berdasarkan ensiklopedia Wikipedia, Yandex merupakan mesin pencari terbesar keempat di dunia berdasarkan Comscore.com dengan lebih dari 150 juta pencarian per harinya. Yandex juga memiliki pangsa besar di Ukraina, Belarus, Turki dan Kazakhstan.

Google sebagai mesin pencarian populer saat ini akan sangat bersaing ketat dengan Yandex. Tidak menutup kemungkinan Yandex akan mengalahkan Google. Bahkan Yandex memiliki browser sendiri bernama Yandex Browser, tersedia pula Yandex Email dan Yandex Translate yang mendukung multibahasa termasuk bahasa Indonesia.

7. Baidu Search Engine

Baidu, Inc. dikenal dengan sebutan Baidu merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC. Dilansir dari ensiklopedia Wikipedia Indonesia bahwa Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk diantaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedi yang dibangun secara kolaboratif.

Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China. Pada Oktober 2012, Baidu berada di peringkat 5 pada ranking Alexa Internet. Sebagai mesin pencari, Baidu memiliki produk yang memang kompetitif yang tidak bisa diremehkan Search Engine lainnya. Baidu dilengkapi fitur map, berita, video dan sosial media. Pada bulan Juli 2011, Baidu telah meluncurkan browsernya sendiri yang diberi nama Baidu Browser.


Post a Comment

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Terima Kasih Telah Mengunjungi Blogspot Prof Share. Jangan Lupa Untuk Meninggalkan Komentarnya. Berkomentarlah Secara Santun & Bijak.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Komentar Yang Bersifat Kasar, Rasis Atau Negatif Tidak Akan DiPublikasikan.
Terima Kasih Untuk Tidak Meninggalkan Link Yang Aktif.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Komentar Akan DiPublikasikan Setelah Moderasi Terlebih Dahulu.
Mohon Maaf Untuk Komentar Yang Tidak Terpublikasikan.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Back to Top